HTML adalah sebuah bahasa markup standar singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML merupakan bahasa penanda yang digunakan untuk memberikan konten (teks) struktur dan makna semantik.
Dengan HTML di Web Browser memungkinakan untuk menampilkan informasi. untuk melihat kode HTML klik kanan kemudian pilih Lihat Sumber Halaman / View page source (ctrl+u).

HTML memiliki fungsi sebagai pondasi sebuah halaman website. HTML memiliki fungsi lain sebagai berikut ini. Membungkus element element tertentu sesuai dengan kebutuhan.
  • Membuat heading atau Judul.
  • Membuat tabel.
  • Membuat list.
  • Membuat paragraf.
  • Membuat Form.
  • Membuat tombol.
  • Membuat huruf menjadi tebal.
  • Membuat huruf menjadi miring.
  • Menampilkan gambar.
  • Menampilakan video.
Dan masih banyak lagi yang bisa di buat oleh bahasa HTML. Saat ini HTML sudah sampai pada versi 5. HTML5 sudah memiliki banyak sekali fitur tambahan.

Elemen, Tag, dan Atribut

Merupakan tiga istilah utama yang harus diketahui ketika menulis kode HTML. Ketiga istilah tersebut adalah elemen, tag, dan atribut.

Elemen
Elemen HTML merupakan komponen yang menetapkan peran sebuah objek dalam dokumen, termasuk struktur dan konten dari objek tersebut. Contoh dari sebuah elemen HTML ialah p ataupun . Elemen-elemen populer lain dalam HTML misalnya a, h1, div, span, em, ataupun strong.

Tag
Sebuah elemen biasanya direpresentasikan oleh tag. Tag pembuka menandakan elemen tersebut dimulai, dan tag penutup menandakan akhir dari sebuah elemen. Tag pembuka direpresentasikan dengan nama elemen yang diapit simbol “<>”, contohnya <a>. Tag penutup dituliskan dengan menambahkan garis miring ( / ) setelah simbol ( < ). Misalnya, tag penutup untuk elemen adalah </a>.

Atribut
Atribut merupakan informasi tambahan untuk sebuah elemen. Setiap elemen memiliki atribut yang berbeda-beda, meskipun terdapat beberapa atribut standar yang dapat digunakan oleh semua elemen.

Atribut khusus elemen dibuat ketika nilai atribut tersebut memang hanya digunakan untuk elemen tertentu. Misalnya, untuk elemen img yang digunakan untuk menampilkan gambar atribut ini tidak akan berguna untuk elemen p yang hanya untuk menampilkan teks. Contoh lain adalah elemen “a” dengan atribut wajib “href” untuk menampilkan link.

Atribut standar yang dimiliki oleh semua elemen sendiri merupakan atribut yang umumnya dapat diimplementasikan oleh semua elemen, misalnya atribut “id” untuk identifikasi elemen, atau “class” untuk klasifikasi elemen.
Contoh Elemen, Tag dan Atribut :

<a href="http://genkcomp.blogspot.com/"> BLOG GENK IT </a>



Referensi Artikel : 
Coding HTML dll ---> https://www.w3schools.com/
Diskusi Coding   ---> https://stackoverflow.com/

Post a Comment

 
Top